Pages

Senin, 25 April 2011

think out of the box


saya semester ini dapet tugas besar dari satu mata kuliah yang saya ambil, yang membuat saya harus sering berkunjung ke sekolah dasar..  lagaknya sih udah kayak pejabat yang hobinya berkunjung nggak penting ke mana-mana.. penting nggak penting, yang penting, penting banget.. haha.. ehh, tapi kalau saya beda.. soalnya datengnya saya ke sekolah itu penting dalam rangka observasi dan nantinya membuat beberapa program yang semoga bisa bermanfaat buat sekolah itu.. tugasnya kelompokan sih berempat, jadi nggak berat banget..

dan tentu saja, selama observasi itu banyak hal menarik yang saya temui.. kalau nggak menarik mah saya nggak cerita.. hhe..

beberapa waktu yang lalu ketika saya dateng ke sekolah, saya masuk ke kelas 1.. ibu guru kelas 1 itu udah tua, mungkin seumuran sama eyang saya.. dan baiknya ampuuunn deh.. baik banget.. sabar dan sangat welcome sama saya dan temen-temen.. udah gitu kalau ngajar asik banget..

waktu saya dateng, adek-adek kelas 1 lagi pelajaran Bahasa Indonesia, lagi belajar susun kata-kata acak dibuat jadi kalimat yang padu.. saya dan 3temen saya ngebantuin ibu guru buat neliti jawaban adek-adek, kalau ada yang salah kami bantu buat benerin..

ditengah saya lagi muter2 kelas buat ngecek jawaban adek-adeknya, ada satu yang menarik buat saya.. jadi ada waktu itu soal kata acak yang gini soalnya,
"menjual-apotek-obat-tempat"
nah, menurut bahasa Indonesia yang baik dan benar susunan katanya kan harusnya gini, "apotek tempat menjual obat.", tapi ada satu adek yang ngejawabnya gini, "apotek menjual tempat obat." saya senyum waktu baca jawaban itu.. secara ilmu yang diajarin, mungkin jawaban itu salah, tapi kalau menurut saya jawaban adek itu bener.. kenapa?? jawabannya masuk akal kok.. logis juga.. apotek memang menjual tempat obat kan?! setau saya sih iya, nggak cuman jualan obat aja..

adek itu mungkin belum tau konsep think out of the box, tapi sudah bisa menerapkannya.. mungkin secara nggak sadar juga sih.. sedangkan saya, saya tau konsep itu, tapi selama ini seringkali nggak bisa menerapkan konsep itu.. saya kalah sama anak kelas 1 eSDe.. parah.. hha'

think out of the box.. suatu cara berpikir di luar common knowledge.. menggunakan sesuatu diluar fungsi yang biasa dilakukan kebanyakan orang, tidak biasa.. simpelnya, kreatif.. orang yang menerapkan think out of the box biasanya adalah orang yang kreatif dan banyak akal.. orang yang, emm, beda :) kalo saya cari di wikipedia, arti think out of the box kurang lebih adalah cara berpikir yang berbeda, unconventional, berpikir dengan perspektif baru..

oke, contoh lain.. dulu saya pernah ikutan program pendampingan trauma healing buat anak-anak pasca erupsi merapi di daerah muntilan.. waktu kami lagi kegiatan mewarnai gambar, ada satu anak sekitar umur 8 atau 9tahun gitu, tanya gini ke saya, "kak, ini gambar berang-berangnya boleh diwarnain pink nggak??" dan saya dengan mantap jaya dan tersenyum jawab, "boleh dong.. adek mau kasih warna berang-berangnya pake warna apa aja juga boleh kok.." nah, itu juga masuk dalam think out of the box.. kurang menjelaskan kah contohnya?! maaf sodara-sodara.. otak saya lagi mampet.. nggak bisa mikirin contoh yang lebih dari itu.. ntar deh kapan-kapan saya nulis lagi buat kasih contoh.. hehe.. *ngeleskayakbajaj*

sekian dulu cerita kali ini.. berhubung ada hal yang harus saya kerjakan..

good morning earth! may all nice things come to our good mon(ster)day!

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar