Pages

Minggu, 17 April 2011

that's what they called individualistic

dulu, waktu saya masih jadi calon mahasiswa, teman-teman saya yang udah duluan jadi mahasiswa selalu  mewanti-wanti saya, "galuh, kamu harus mandiri kalo udah kuliah.. soalnya lingkungan kampus tuh individualis banget.. gak kayak SMA yang masih bisa akrab banget temenannya."

jujur, pada saat itu saya khawatir.. karena mungkin saya udah nyaman banget yaa sama kondisi saya pada saat itu, yang selalu ada temen di sekitar saya kapanpun dimanapun.. dan memang keluar dari zona nyaman itu butuh keberanian dan mental sekuat baja buat bisa bertahan dan tetap berdiri..

tapi ternyata, begitu saya sudah menjadi mahasiswa, kekhawatiran saya gak terbukti.. saya masuk di universitas dan fakultas, which is orang-orang di dalamnya sangat-sangat friendly.. sangat baik dan gak egosentris.. malah kayaknya saya yang notabene-nya cuek jadi cenderung kelihatan egosentris.. hehehh.. hal itu sukses merubah mindset saya tentang dunia perkuliahan yang sangat individualis.. based on apa yang saya alami selama kuliah di fakultas yang saya pilih..

and surely, situasi kampus yang satu berbeda dengan situasi kampus yang lain.. begini keadaan di suatu fakultas di kampus lain.. sebut saja kampus A fakultas B..

singkat cerita, saya punya banyak temen yang kuliah di kampus A, khususnya di fakultas B.. baik itu temen gereja, temen yang saya kenal semasa masih duduk di bangku sekolah dari SD sampe SMA, maupun temen yang saya lupa dulu kenalnya gimana.. dan sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging, ketika saya kenal orang baru, terus saya tau orang itu kuliah di satu kampus yang teman saya juga kuliah disitu (saya bingung nih bacanya, hha'), saya pasti langsung memberondong dia dengan kalimat-kalimat seperti ini, "ehh, temen aku juga ada yang kuliah disitu lho.. namanya ani*.. kenal gak?? ada juga sari*, emm, boni*, dst, dst, dst.." gaya banget yaa saya, udah kayak orang paling eksis sedunia.. hehe..

balik lagi ke kampus A fakultas B.. beberapa hari yang lalu saya dapet temen baru.. baru kenal gara-gara sama-sama jadi panitia suatu acara.. dan ternyata temen baru saya itu kuliah di kampus A fakultas B.. langsung tanpa babibu kumat kebiasaan saya.. saya langsung tanya sama dia apa dia kenal jono*, paijo*, surti*, dst, dst.. (saya sebutin nama se-RT) dan dia bilang cuman beberapa nama dari yang saya sebut yang dia tau.. mungkin perlu di bold dan di underline sodara-sodara, dia bilang TAU, bukannya KENAL.. jelas beda yaa arti 'tau' dan 'kenal'.. sebenernya ini bukan kejadian pertama yang saya alami waktu saya menyebutkan banyak nama ke temen yang kuliah di kampus A fakultas B.. sering banget kok saya dapet jawaban "gak tau", "yang mana yaa orangnya?!" (malah balik tanya ke saya), "gak kenal eh", dan lain sebagainya namun serupa dengan "gak kenal"..

biasa-biasanya saya cuman bakal geleng-geleng kepala prihatin.. tapi kali itu tidak biasa, saya terus nanya ke temen baru saya itu, "emang kalian jarang ada event di kampus, ato gimana sih?? kok kayaknya jarang kenal satu sama lain.." terus dia jelasin kalo di kampus dia, kampus A fakultas B, orang-orangnya kalo udah dapet satu temen deket yaudah, dia bakal cuman main sama temennya itu aja.. mau sosialisasi sama yang lain juga jadi gak enak karena semua orang kayak gitu.. semacam gap-gap-an gitu.. dan saya cuman angguk-angguk kepala tanda ngerti..

saya bukannya mau sombong atau membandingkan.. tapi di fakultas saya, sangat memungkinkan mahasiswa angkatan dua ribu something kenal sama temen-temen angkatan baru.. saya sendiri cukup banyak kenal temen-temen angkatan tua yang dua ribu something itu, sampe temen-temen angkatan 2010.. saya juga cukup banyak kenal temen-temen dari fakultas lain, dan juga dari berbagai angkatan.. tapi di kampus A fakultas B, bahkan sesama temen seangkatan aja banyak yang cuman tau, bukannya kenal..

jadi, mungkin itu yang dulu temen saya bilang,"lingkungan kampus itu individualis banget." yaa.. yaa.. saya ngerti sekarang.. dan saya bersyukur saya kuliah di tempat saya kuliah sekarang.. bersyukur karena punya temen-temen yang gak individualis.. bersyukur punya komunitas yang orang-orangnya sangat hangat dan rock'n'roll abis.. bersyukur karena di kampus tempat saya belajar sekarang ada banyak kesempatan dan cara untuk mengenal temen-temen dari berbagai angkatan dan fakultas.. bersyukur karena di tempat ini saya tidak mengenal konsep individualis..

kalo mungkin kamu kuliah di kampus yang sama dengan saya, bahkan di fakultas yang sama, tapi nggak merasakan apa yang saya rasakan, saya nggak maksa kamu buat setuju sama apa yang saya tulis kok.. ini menurut saya pribadi, menurut pendapat saya dari apa yang saya alami.. karena setiap orang punya pengalaman masing-masing, dan saya menghargai itu..

stay positive.. keep productive..

* = nama pura-pura'an

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar