Pages

Kamis, 14 Juli 2011

you're not really alone

semalam saya nemenin ngobrol sahabat saya yang lagi galau.. dan ternyata menemani orang galau cukup ampuh untuk mengusir kegalauan saya sendiri.. hahaha.. dia yang bermasalah tapi malah saya yang di untungkan.. ehh, dia juga untung sih.. kan jadinya nggak sendirian.. simbiosis mutualisme lahh yaa namanya :)

anyway, seringkali saya berpikir, apa yaa yang salah dengan kesendirian?? berhubung teman saya ini baru saja sendiri lagi, dan dia tampak sangat desperate dengan kesendiriannya tersebut.. padahal sebenarnya dia tidak benar" sendiri lohh.. kan dia punya keluarga dan banyak teman" di sekitarnya.. *kenapa saya malah jadi ceramah yaa.. hhe'

pada akhirnya pertanyaan itu membuat saya berkaca pada diri saya sendiri.. betapa saya ini adalah orang yang suka dengan kesendirian *maklum, introvert* dan yahh, hal ini sudah pernah saya bahas dalam salah satu postingan saya bulan november 2010, silahkan dibaca kalau berminat.. haha.. lalu sebenarnya apa sih yang salah dengan sendiri?? karena sampai sekarang masih banyak orang di sekitar saya yang menganggap sendiri itu aneh..

sebagai contoh.. suatu kali saya pernah seharian jalan" sendirian.. masuk ke toko sana, masuk ke toko sini, makan sendiri, ke toko buku sendiri, makan eskrim.. pokoknya benar" sendirian.. bukan karena nggak ada temen yang bisa di ajak jalan, tapi memang karena saya mau pergi sendirian.. menikmati waktu yang saya punya dengan diri saya sendiri.. terus, ditengah saya lagi asik jalan, saya bertemu beberapa teman yang juga lagi jalan".. tau reaksi mereka begitu melihat saya jalan sendirian?! mereka langsung narik saya ngajak jalan bareng.. *maaf, ini agak saya dramatisir* buat nolak ajakan mereka buat jalan bareng aja saya mesti ngotot bilang kalau saya memang sedang ingin jalan sendiri.. tapi mereka malah bilang kasihan liat saya jalan sendiri, kayak anak ilang katanya.. sial! saya cuman bisa mengumpat dalam hati.. rasanya saya pengen tampol mereka satu".. heran, mereka nggak pernah tau apa yaa betapa menyenangkannya jalan" sendiri?! oke, reaksi saya agak berlebihan mungkin, karena tiap orang punya karakter masing".. hehe..

yakk, balik lagi.. lalu kenapa kebanyakan orang takut sendirian?? yang saya maksud sendirian disini adalah gabungan dari dua arti 'sendirian'.. sendirian secara fisik dan sendirian secara perasaan.. silahkan dianalisis sendiri yaa kira" kalimat saya yang satu ngebahas sendirian jenis apa dan kalimat saya yang lain ngebahas sendirian yang apa.. hehe.. dan sampai sekarang saya masih belum menemukan jawaban yang pasti untuk pertanyaan itu.. berdasarkan hasil survey dari teman" saya, ada beberapa alasan kenapa orang takut sendirian, ini dia hasil datanya :
1. takut sendirian soalnya ntar bisa diculik (apa deh ini --').
2. takut sendirian soalnya musuh yang paling mengerikan adalah diri sendiri.. (lalu apakah bisa dikatakan takut sendirian karena nggak nyaman sama diri sendiri?? aihh, kedengarannya kompleks sekali)
3. karena berdua itu lebih baik.. (apakah selalu begitu?? terus tenggelam berdua juga lebih baik daripada tenggelam sendiri?? hahha.. saya bercanda..)
4. karena ada orang yang memang lebih nyaman bersama" orang lain.. (masih bisa diterima alasannya)
5. takut sendirian karena butuh rasa aman, butuh dilindungi.. (ini sama dengan manja nggak sih??)
6. takut sendirian soalnya kesepian, gengsi, butuh teman berbagi.. (udah nggak tau mau comment apa, hehe)
dan saya bingung bagaimana menyimpulkan pendapat" di atas yang saling nggak bisa disambungin itu.. hehehe..

then, buat saya pribadi, kesendirian itu justru menjadi kesempatan bagi diri kita untuk berefleksi.. mengenal diri kita secara lebih dalam.. kenapa saya bilang gitu?? pernah nggak berada dalam situasi dimana kita merasa tidak bisa mengerti diri kita sendiri, bingung sama apa yang kita mau, bingung gimana harus bersikap dalam situasi tertentu.. bukankah akar permasalahan dari itu semua adalah karena kita kurang mengenal diri kita sendiri?! kalau udah gitu, gimana kita bisa mengharapkan orang lain bisa mengerti kita kalau kita aja belum bisa memahami diri kita sendiri..

bukan berarti kalau saya suka sendirian lantas saya nggak suka menjalin hubungan dengan orang lain.. termasuk hubungan spesial.. saya senang menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang.. saya punya banyak teman.. saya juga sama kok seperti orang lain yang ingin disayangi, ingin merasa berharga untuk seseorang, ingin bisa diperhatikan dan memperhatikan orang yang dianggap istimewa.. dan yaa, sudah terlalu banyak orang diluar sana yang merasa berarti dengan kehadiran orang lain dalam hidupnya.. kemudian merasa tidak berharga kalau dia  tidak memiliki orang yang dicintai dan mencintai dia.. saya juga pernah kok ada dalam situasi itu.. merasakan berada di sebuah keadaan yang indah dan membahagiakan.. sampai satu waktu datang saat" dimana ruangan itu kembali kosong karena orang yang memilikinya memutuskan untuk pergi.. dan seketika itu juga merasa seperti seekor burung yang kehilangansebelah sayapnya.. timpang dan susah untuk bisa terbang.. sakit dan sulit untuk dapat tetap bertahan.. oke, mari abaikan.. saya sudah terlalu banyak bicara.. hyahahaa..



jangan pernah takut untuk sendirian.. cause the fact is you're not really alone, fellas :D

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar