Pages

Jumat, 10 Juni 2011

KKN part I : prepare for the worst, but still hoping for the best

wow.. over a month yaa ternyata saya gak posting tulisan di blog.. hehehe.. first of all, i just wanna say hi.. we meet again :D

sebulan lebih saya gak nulis sebenernya banyak banget hal" yang terjadi di hidup saya.. hal" yang sebenernya pengen banget saya bagi di blog ini.. pengen banget saya ceritakan.. but somehow semangat menulis saya entah raib kemana hari" kemarin.. hhe'

well.. kurang dari sebulan lagi saya bakal kkn lohh.. haha.. dulu waktu masih awal" kuliah, kalo denger kata" kkn yang pertama muncul di otak adalah 'angkatan tua', dan ternyata sekarang saya harus sadar bahwa saya sudah menjadi bagian dari angkatan tua itu --"
dan belum ada 1jam yang lalu, saya masih terlibat obrolan ringan bareng temen" psikologi angkatan 2007 yg entah gimana awalnya bisa jadi ngomongin pengalaman kkn mereka tahun lalu.. dan saya, sebagai orang yang belum merasakan suka duka kkn yaa cuman diem aja dengerin.. sambil sesekali melongo heran denger cerita yang ajaib.. sesekali tertawa mendengar cerita yang super konyol bin dodol.. tapi sesekali juga cemas denger cerita yang bikin khawatir.. hahha.. maklum lahh, untuk urusan ber-kkn-ria-tralala-trilili ini saya masih anak kemarin sore yang gak tau apa"..

saya akan sedikit bercerita tentang persiapan kkn saya sejauh ini.. selamat menyimak bagi yg mau menyimak.. yg nggak mau, silakan menuju pojok kanan atas, klik simbol 'x',and bye" :D

beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 4 juni 2011, untuk pertama kalinya saya bertemu dan kenal dengan teman" kelompok kkn saya.. kami satu kelompok ada 9 orang terdiri dari 3 fakultas yang berbeda.. 9 orang itu 3 dari psikologi, 5 dari farmasi, dan 1 dari sastra inggris.. yaa, kalo yang anak psikologi sih saya udah kenal, meskipun gak pernah main bareng.. tapi 6 orang yang lain baru saya kenal saat itu.. hmm, tidak berusaha membuat penilaian apapun, tidak juga sok"an menganalisis mereka orang seperti apa, hanya karena saya kuliah psikologi.. saat itu saya hanya menerapkan konsep pertemanan seperti anak kecil baru masuk kelas 1 eSDe.. senang mendapat teman" baru, that's it :) dan syukurlah sejauh ini belum ada hambatan untuk berkomunikasi dengan mereka.. then, 2 hari yang lalu kami sepakat buat melakukan observasi pertama ke tempat yang nantinya bakal jadi lokasi kkn kami.. fyi, tempat kkn kami di kaliurang, tepatnya di desa wukirsari, pedukuhan plupuh, cangkringan kaliurang.. kira" 15km dari puncak merapi.. gak begitu jauh sih tempatnya.. 30 menit lah kira" kalo naik motor dari kampus.. awalnya kami berangkat rame".. kalo gak salah 5 kelompok berangkat observ bareng", dan kebetulan memang 5 kelompok ini kkn'nya berada di satu desa yang sama dan tempatnya lumayan deketan.. setelah sampe di kantor kepala desa, baru deh kelompoknya mencar sendiri".. dan kebetulan lagi, ada 2 kelompok yang tempat kkn'nya di pedukuhan plupuh.. kelompok saya dan ada satu kelompok lagi.. kelompok saya dapet di plupuh 2, bagian atas, kelompok yang satunya di plupuh 1, bagian bawah.. jadilah kami 2 kelompok ini dari berangkat, ketemu pak dukuh, observasi, sampe pulang selalu barengan..

sejujurnya saya gak kebayang bakal seperti apa lokasi tempat saya akan ber-kkn-ria-tralala-trilili.. gak berani ngebayangin sih, takut berharap ketinggian dan akhirnya kecewa kalo tempatnya lebih buruk dari yang saya bayangkan.. dan ternyata, begitu saya tau tempatnya, termasuk rumah yang akan saya tempati kurang lebih 30 hari, memang cukup bikin saya sangat surprise.. hhehe.. gimana yahh ceritanya.. yang pasti, saya nggak kebayang sebelumnya kalo kami cewek" di satu kelompok, yang jumlahnya 7 orang, bakal tidur bareng di satu ruangan 3x3m.. seru mungkin yaa.. tapi mungkin juga bakal jadi kamar senggol secara mau gerak aja bakal kena senggol temen lain.. asal jangan senggol bacok aja sih.. hhaa --" dan yahh, di bagian depan rumah adalah jalan tanah khas desa gitu, dengan pohon bambu dan kandang sapi serta ranjau (baca : pup ayam) dimana".. perfect! x.x

saya memang sedikit kaget saat itu, tapi saya sih gak begitu ambil pusing lahh.. justru ini nih yang namanya belajar hidup.. selama ini saya yang tinggal di rumah yang nyaman dengan banyak fasilitas, harus merasakan tinggal di rumah sederhana yang mungil.. saya menganggap ini sebagai satu sisi kehidupan yang mengajari saya untuk selalu bersyukur atas apa yang selama ini udah Tuhan kasih buat saya.. dan karena kami bakal tinggal ber-9, pasti bakal seru dan rame :)

tapi kemudian, ada sesuatu hal yang membuat beberapa teman" kelompok saya sedikit gusar.. jadi gini ceritanya.. kan rumah yang pertama di kunjungi adalah rumah yang akan ditempati sama kelompok saya.. dengan keadaan seperti yang sudah saya bilang di atas.. setelah itu kami mengunjungi rumah yang akan di tempatin sama kelompok satunya.. dan voila.. keadaan rumahnya cukup jauh berbeda dengan rumah yang akan di tempati oleh kelompok saya.. rumah yang akan di tempati oleh kelompok tersebut secara umum sangat nyaman, depan rumah jalannya udah jalan aspal, gak ada kandang apapun, oksigen pun masih murni belum tercampur bau"an apapun, dan yang pasti gak ada ranjau dimana".. canggih banget deh perbedaannya --" awalnya jujur saya sedikit kecewa, tapi itu cuman berlangsung 5menit kok.. efek shock aja mungkin yaa melihat saya dapet yang kayak apa, orang lain dapet yang kayak apa.. hehehe.. manusiawi kan :) *defense* tapi setelah 5menit berlalu, saya udah biasa aja.. bukan karena apa" sih.. sebenarnya lebih karena saya orangnya cuek, gak begitu peduli.. buat saya, saya bisa menikmati setiap kegiatan bersama teman" kelompok saya udah bersyukur, mau tempatnya kayak gimana juga gak begitu penting.. toh nyaman atau enggak, happy atau enggak, itu kan tergantung dari orangnya, bukan tempatnya.. yaa memang kondisi tempat menjadi salah satu faktor, tapi kan kita gak boleh menyerah dengan keadaan bukan :D tampak jelas rasa iri di muka beberapa teman kelompok saya, saya bisa maklum, tapi demi menetralkan keadaan, saya yakinkan mereka kalo kelompok kita pasti akan tetap baik" saja gimanapun kondisi yang kami dapet.. kkn kami pasti akan tetep menyenangkan..

satu hal yang saya yakini, meskipun mungkin tampaknya kondisi tempat kelompok saya masih di bawah kelompok yang satunya, tapi kami pasti dapet pelajaran dan keseruan tersendiri, entah apa itu saya juga belum tau.. sama seperti mereka yang juga akan mendapat pelajaran dan keseruan mereka.. tidak ada tempat yang lebih baik atau lebih buruk, yang ada hanyalah bagaimana kita mau saling mendukung dan menyemangati satu sama lain.. menjadi satu keluarga baru yang saling memahami dan menerima..

semoga saya bisa mem-posting cerita" saya selama kkn besok di blog.. karena saya yakin pasti bakal banyak kejadian seru dan saya akan belajar lebih banyak lagi di sekolah kehidupan ini :))

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar