Pages

Senin, 13 Juni 2011

i am a little scheduleholic girl --'

beberapa waktu yang lalu saya iseng" nyobain tes MBTI.. tes MBTI ini kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator.. semacam tes yang menunjukkan pola kepribadian gitu.. dan hasilnya adalah saya ini memiliki pola kepribadian ISFJ.. kepanjangannya adalah Introvert, Sensing, Feeling, Judging.. penjelasan dari orang tipe kepribadian ISFJ ini lumayan panjang, dan lagi saya juga rada lupa kalo harus tulis interpretasi lengkapnya disini.. salah satu yang saya ingat, orang yang ISFJ itu tidak suka dengan hal" yang mendadak dan tidak terduga, butuh adanya reminder dulu, tidak suka dengan hal yang tiba" dan bisa saja itu merusak jadwal yang sudah disusun.. and well, itu saya banget.. haha..

tepat seperti yang di interpretasikan dari tes itu, saya ini orang yang tidak suka dengan suatu hal yang mendadak.. saya suka sesuatu yang terstruktur dan terencana dengan baik.. saya nggak tau sih sifat ini bagus atau malah merepotkan.. mungkin ada yang bilang sifat yang satu itu bagus, selama nggak berlebihan.. iyaa lah, segala sesuatu yang berlebihan kan memang nggak baik.. tapi pada kenyataannya, kadang saya malah merasa direpotkan dengan sifat saya yang satu itu.. bikin saya jadi kurang fleksibel menjalani rutinitas..

saya terbiasa untuk membuat planning kegiatan sehari".. dari mulai kegiatan di kampus maupun di luar kampus, kuliah, bahkan sampe mau main sama temen" pun saya akan lebih nyaman kalau bikin planning dulu.. dan biasanya, kalau ada jadwal yang waktunya ngaret dari jadwal yang udah saya buat, pasti mood saya langsung anjlok.. meskipun mungkin itu nggak banyak mempengaruhi sikap saya ke orang", maksudnya saya akan tetep bersikap biasa aja, tapi tetep aja saya jadi merasa nggak nyaman sendiri dalam hati..

satu contoh simpel.. beberapa waktu yang lalu, ada satu temen yang ngajakin saya ikut satu kegiatan, dan untuk ikut kegiatan itu akan ada beberapa kali persiapan sebelumnya.. sebelum saya terima tawaran itu, saya udah berpikir matang" apakah kegiatan itu mengganggu rutinitas saya atau nggak, bakal bentrok sama kegiatan saya yang lain atau nggak.. dan setelah saya yakin kalau hal itu tidak akan mengganggu apapun, akhirnya saya iyakan ajakan teman saya tersebut.. sampai di satu siang, selang 2 atau 3 hari setelah saya terima tawarannya, dia sms dan bilang kalau malemnya bakal ada persiapan awal.. mungkin untuk kebanyakan orang hal itu bisa dibilang nggak begitu mendadak, karena masih ada beberapa jam untuk siap".. tapi buat saya, yang orang on schedule ini, hal itu mendadak banget.. karena di pagi harinya saya udah menyusun kegiatan apa aja yang akan saya lakukan sepanjang hari itu, dan kegiatan persiapan awal itu nggak ada di jadwal yang saya buat untuk hari itu..  although di hari itu malemnya saya nggak ada kegiatan, tapi saya tidak bersemangat buat ikutan persiapan karena di kabarinnya dadakan.. selain contoh itu, saya sering"nya bakal nolak ajakan temen buat main kalau dia ngajaknya mendadak.. misalnya gini, "galuh, kamu lagi ngapain? kita jalan yuk.." buat hal yang kayak gitu pun saya seringnya nggak mau ikut meskipun saya lagi nggak ada kerjaan, hanya karena saya di ajakinnya mendadak.. paling kalau di umpamakan, dari 10 ajakan yang mendadak, yang saya iyakan cuman 3.. haha.. jadi selama ini kalau saya mau ngapa"in, hal itu pasti udah saya rencanakan dari jauh" hari.. minimal satu hari sebelumnya..buat pergi main sama temen" pun saya rencanainnya dari jauh hari juga.. nah, sifat ini merepotkan diri sendiri kan jadinya?! kaku dan kurang fleksibel :(

tampaknya saya sekarang harus mulai belajar untuk fleksibel dengan jadwal" yang saya buat.. oke.. oke.. saya tau membuat jadwal itu bagus, bikin waktu nggak terbuang sia", tapi kalau terlalu patuh sama jadwal itu sendiri juga jadinya nggak baik yaa gals :)

mari belajar untuk sesuatu yang lebih baik, fellas :D

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar