Pages

Jumat, 24 Februari 2012

ketika bahasa jawa lebih sederhana daripada bahasa inggris :))

hello again :D

mungkin beberapa dari yang baca judul blog kali ini mikir kenapa saya bikin judul yang mengatakan bahwa bahasa jawa lebih sederhana untuk di ucapkan daripada bahasa inggris..hehehe..

jadi begini, beberapa waktu yang lalu, saya membaca bbm yang dikirim oleh kakak saya ke pak bos.. disitu dia kirim beberapa kalimat yang pada intinya menjelaskan bahwa bahasa  jawa itu lebih simpel daripada bahasa inggris..waktu baca itu saya ngakak karena lucu banget tau bahasa inggris yg kalimatnya panjang ketika di translate ke bahasa jawa jadinya pendek banget.. sejujurnya sih saya juga merasa agak tertabok waktu baca itu, secara saya orang jawa tapi justru merasa lebih mudah menggunakan bahasa inggris daripada bahasa jawa sendiri.. dan mungkin hal itu tidak hanya terjadi pada saya aja tapi juga pada orang-orang diluar sana, atau mungkin...kamu juga? wkwkwk.. lucu memang, tapi begitulah yang terjadi.. waktu terus bergulir seiring perkembangan jaman yang menciptakan tuntutan-tuntutan baru bagi penghuni bumi.. halahh.. hahaha..

hal ini juga terjadi sekitar 2 hari yang lalu, ketika adik saya dapat tugas untuk membuat pidato berbahasa jawa, dan yang bantuin dia  ngerjain adalah saya dan ibu..saya bantu dikit-dikit sih..mehehehe..guess what happened at that time? hahahha..yapp, ibu saya kesulitan untuk merubah beberapa kalimat dari bahasa indonesia ke bahasa jawa..dan ketika ibu tanya ke saya, saya cuman bisa "amm..emm..amm..emm..apa yaa, bu? aku juga nggak tau bu.." jadi, mari berdoa semoga praktek pidato bahasa jawa adik saya lancar jaya dan bahasanya aman-aman aja..wakakakak :p

dan lalu, saya akan menunjukkan contoh kalimat-kalimat berbahasa inggris yang kalo di translate ke bahasa jawa jadinya sederhana..check this out :)

- falling/tripping accidentally because of a hole = kejeglong
- doing something without thinking about the consequences = cenanangan
- being overly active carelessly = pecicilan
- feeling unwell because of cold temperature = katisen
- making too much noise, disturbing other people = mbribeni
- tripping over accidentally caused by wires, clothes, gowns, etc = kesrimpet
- being alone (or with companion) in the corner of a place/room doing something suspicious = mojok
- cannot open eyes because something is shining very bright = blereng
- hanging on tightly to something in order to be inert = gondhelan
- walk slowly on the edge (side) of the road = mlipir
- fall backward and then hit own head = nggeblak
- got hit by a truck that is moving backward = kunduren trek
- talk too much about unimportant thing = cangkeman
- going without notice/permission = mlethas
- taking the longer way to get to the destination = ngalang
- riding an old bicycle = ngonthel
- falling/tripping forward (and may hit own face) = kejlungup
- side effect after circumcision = gendhelan
- hot pyroclastic cloud rolling down a volcano = wedhus gembel
- a small, sharp thing embedded inside one's skin = ketlusupen
- spending a lot of time doing nothing = mbathang

hal-hal itu cuman sebagian dari seluruh istilah dalam bahasa jawa yang ribet kalo di bahasa inggriskan.. tapi bukan berarti bahasa inggris itu ribet.. ini cuman buat seru-seruan aja kok.. walau gimana juga, di masa sekarang ini bahasa inggris penting untuk dikuasai.. mengingat 3 minggu dari sekarang saya ada tes kemampuan berbahasa inggris sebagai salah satu syarat kelulusan.. hahahaha..

so, kita memang harus menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman, tapi juga harus tetap ingat  dan melestarikan budaya dan bahasa darimana kita berasal..

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar